Kamis, 29 Maret 2012

putih abu





Tahun 2008, tahun dimana aku mulai untuk melakukan perjalanan belajar menjadi seseorang yang lebih dewasa dan lebih bisa untuk mengenal serta tahu berbagai macam karakter para insan di muka bumi ini.
Berbagai hal terjadi dalam perjalanan itu, mulai dari persahabatan, permusuhan, cinta, kekaguman, kebahagiaan dan keceriaan bahkan hingga sampai kesedihan dan merasa terhina. Semua itu berjalan satu persatu dengan penuh kenangan yang mungkin takkan bisa terlupa.
Tahun 2008 memang tahun awal untuk pertama mengenal seseorang dari luar dan belum tau gimana dalemnya. Di tahun itu adaptasi dengan lingkungan juga baru dimulai. Kekompakan juga belum bisa dibilang oke karena masing-masing masih belum bisa saling menyatukan diri dan banyak kubu-kubu yang gag sehat yang terbentuk, tapi seiring berjalannya waktu masing-masing bisa lebih tau gimana karakter seseorang. banyak hal yang terjadi dalam tahun itu. Entah itu indah atopun kelam semuanya adalah suatu kenangan yang terukir dalam hati.
Berjalan ke tahun selanjutnya, sungguh terlalu banyak kenangan indah di tahun ini yang tak kan bisa tuk terlupa. Persahabatan yang sesungguhnya pun baru bisa didapat di tahun ini. Keceriaan yang alami, romansa cinta yang sungguh mengagumkan, pengorbanan untuk sahabat yang sudah sepantasnya ‘tuk dihargai, permasalahan yang sebenarnya timbul karna faktor kurangnya rasa menghargai, keikhlasan, kejujuran, kedewasaan dan mungkin keegoisan yang terlalu besar. Semua itu benar-benar membuat kisah putih abu-abu ini sungguh penuh warna.
Main bersama, perayaan ulang tahun yang sugguh membahagiakan, saling berbagi cemilan bersama saat sedang ada pelajaran, panik bersama saat sama-sama gag ngerjain tugas, lucu-lucuan bareng saat jam kosong, dalam satu meja kerja barengan saat praktek di lab, curhat-curhatan soal apapun juga, nangis bareng, saling ngehibur, saling ngerjailin. Itu semua sungguh kenangan yang paling indah yang kudapat dihidup ku yang hanyasekali ini.
Di tahun 2010 mulailah terbentuk banyak konflik dan masalah-masalah yang gag ada ujungnya. Keegoisan yang seharusnya bisa lebih berkurang ini malah semakin matang. Cinta didalam persahabatan juga mulai tercium kehadirannya, hingga suatu persahabatan yang sungguh indah pun hancur karena cinta yang hanya berat sebelah.
Hingga suatu saat sampailah pada klimaksnya, dimana pertengkaran dalam persahabatan terjadi yang harus berakhir dengan perpecahan dan saling berlagak tak mengenal satu sama lain, yang pada dasarnya pertengkaran ini berawal dari tidak dapatnya untuk bisa berfikir jernih dan emosi yang terlalu tinggi di dalam hati. Seandainya tau bila pada akhirnya rasa cinta ini akan berakhir seperti ini dan malah menghancurkan salah satu hal terindah ‘persahabatan’, aku akan lebih memilih untuk tak mencintainya dan tak berharap banyak padanya.
Tak mungkin bila tak ada sedikitpun penyesalan dengan segala yang pernah diucapkan hingga semua jadi seperti ini. Begitu banyak kenangan indah yang terukir bersama-sama dan tak mungkin semua itu terlupakan. Kami pun pernah sama-sama berharap agar masa putih abu-abu kami berakhir dengan kebahagiaan bersama. Namun yasudahlah mungkin Tuhan punya jalan lain untuk kebhagiaan kami masing-masing. Sempat berpikir untuk meminta maaf dan mengakhiri permusuhan ini tapi disisi lain juga berpikir seandainya menghubunginya lebih dahulu berarti sama dengan ‘menjilat ludah sendiri’, karena itulah tak pernah untuk sanggup menghubunginya lebih dulu karena mungkin seseorang tak hrus selalu mengalah dan mengorbankan harga dirinya untuk sesuatu yang tak pasti akan berujung kebahagiaan. Hanya bisa berharap semoga dia sadar bahwa tak mungkin seseorang bisa bahagia bila ia selalu meninggikan egonya dan tak peduli dengan siapapun yang disekitarnya, semoga ia mengerti tentang apa arti cinta dan apa arti persahabatan yang sesungguhnya, semoga ia tau bahwa berdasar atas ketulusan lah aku bersahabat dengannya dan ia mengerti bahwa seseorang yang mengalah bukan berarrti kalah ataupun menyerah akan keadaan yang dihadapinya, justru karena atas dasar tak ingin semua masalah semakin besar yang nantinya akan melukai salah satu pihak maka disaat itulah rasa ‘mengalah’ seharusnya ada dalam hati kita.
Pilihan yang tersulit adalah memilih antara kata hati atau harga diri. Ada orang bilang harga diri jauh lebih penting dari apapun,namun seseorang juga  mengatakan bahwa orang yang hanya memikirkan harga dirinya berarti dia hanya memikirkan dirinya sendiri dan keegoisannya yang sudah penuh dalam hatinya, dan ego yang besar tak kan berakhir dengan keindahan.
Disisi lain orang berpendapat bahwa sebenarnya kata hatilah yang seharusnya didengarkan karena kata hati biasanya muncul dari hati yang terdalam yang berarti sebuah kejujuran, dengan kejujuran setidaknya seseorang merasa tak akan ada lagi tekanan dalam diriinya. Namun ada juga orang yang berpendapat bahwa kata hati terkadang menyesatkan, kata hati yang menyesatkan adalah kata hati yang sudah tidak memikirkan realita apa yang akan terjadi jika kita hanya menuruti kata hati tersebut, apalagi bila sudah terlalu tinggi obsesi yang ada dalam hatinya.
Di masa SMA lah kita akan menemukan banyak kebahagiaan. Di masa itu pula kita harus bisa menetukan pilihan dalam setiap permasalahan yang kita hadapi. Dan menarik kesimpulan yang terbaik untuk semuanya. Kebahagiaan yang diukir bersama akan lebih bertahan lama dalam hati, dibanding kebahagiaan yang hanya diukir oleh satu orang.
Hidup ini hanya sekali. Tak ada gunanya menyesal atas apa yang telah terjadi, yang terpenting adalah berusaha untuk bisa memperbaiki semuanya agar lebihbaik dan bisa untuk membahagiakan banyak orang serta membuat orang yang kita sayang, bangga dengan apa yang kita lakukan saat ini.
Keegoisan yang tinggi dalam diri hanyalah suatu sikap yang tidak bisa untuk melihat kegagalan yang akan terjadi dan egois bukanlah bahan yang bisa digunakan untuk membangun kebahagiaan bersama terutama kebahagiaan orang-orang yang sangat berarti dalam hidup kita.
Indahnya masa putih abu-abu akan menjadi kenangan yang tak terlupa hingga akhir hayat. I love u, my friends..  thank you for everything, thank you cause you make my life become colorfull. I will miss you friends. <3 <3 <3 :-*

0 komentar:

Posting Komentar

 
;