Selasa, 05 Juni 2012

DLNA (DIGITAL LIVING NETWORK ALLIANCE)

Tau gag sih apa DLNA itu??? DLNA itu tuh singkatan dari Digital Living Network Alliance, yang punya pengertian sebagai standart teknologi untuk berbagi konten foto, video dan musik antar perangkat. DLNA sebagai alat berbagi konten antar perangkat. Dulunya cuma komputer dan alat elektronik (televisi) yang bisa pake ini teknologi, tapi jaman sekarang HP pun bisa pake teknologi ini
DLNA punya klasifikasi, nahh klasifikasinya di bawah ini:
1.    Mobile digital media server ( DMS )
DLNA yang ini gunanya buat nyimpen konten dan membaginya ke jaringan mobile digital media printers ( DMPr ). contohnya ponsel dan portable music player.
2.    Mobile Digital Media Player ( M-DMP )
Kalau yang ini buat nyari dan mainin konten di digital media server (DMS) atau mobile digital media server (M-DMS). Contohnya ponsel dan mobile media tablet.
3.    Mobile digital media uploader ( M-DMU )
Klasifikasi yang ketiga ini sih bisa buat ngirim (upload) konten ke digital media server (DMS) atau mobil digital media server (M-DMS).Contohnya kamera digital dan ponsel.
4.    Mobile digital media downloader ( M-DMD )
Nahh yang ini punya buat  ngedownload konten dari digital media server (DMS) atau mobile digital media server (M-DMS)  contohnya portable music players dan ponsel
5.    Mobile Digital Media Controller ( M-DMC )
Akhirnya sampai deh ke klasifikasi yang ini, the last for this classification ini punya fungsi buat nyari konten di digital media server (DMS) atau mobile digital media server (M-DMS) dan mengirimnya ke digital media renderers (DMR). Contohnya personal digital assistants (PDA) dan ponsel.
DLNA kan teknologi canggih yaaa, jadi tentunya bakal diaplikasiin ke beberapa alat kayak ponsel dan personal computer (PC) yang biasanya pada nyebut dengan kata komputer. Yang bakalan sedikit aku jelasin di bawah ini:
1.    DLNA dalam ponsel
LG udah launching LG Optimus 7 atau LG GW910. Fitur utama yang bikin interest selain OS baru adalah DLNA yang merupakan teknologi dengan transfer nirkabel baru yang bisa buat perangkat berbagi konten pada perangkat lain dengan dukungan WIFI di rumah seperti TV, home theatre system yang juga mendukung DLNA dengan hanya 1 sentuhan
Nokia juga gag mau kalah, dia launching versi beta dari sharing client baru berbasis DLNA  untuk smartphone Symbian yang disebut Nokia Play To. Nokia Play To ini bisa buat transfer musik, foto, dan konten video ke televisi,  komputer, dan sistem stereo yang kompatibel dengan DLNA  melalui koneksi Wi-Fi.

2.    DLNA dalam PC
Pengaplikasi DLNA dalam PC contohnya itu bila kita ingin mainin segala yang ada dalam multimedia PC ke televisi dapat terjadi karena aktifnya DLNA, walau kadang butuh perangkat tambahan kayak O!Play dari asus atau DLNA Dongle dari Samsung, bila perangkat tersebut belum berbasis DLNA.
Dengan canggihnya DLNA pastinya DLNA punya kelebihan, nahh kelbihannya sebagai berikut:
1.    DLNA bisa nyambungin personal dengan alat elektronik (berbasis DLNA) yang berbeda tempat.
2.    Praktis
3.    Canggih
4.    Mengurangi kepanikan
Gag ada sesuatu yang sempurna di dunia, jadi so pasti banget DLNA juga punya kekurangan:
1.    Harus unlimited internet
2.    Mahal
3.    Memakan memori

1 komentar:

robi sari mengatakan...

nice info.,.,.,.,,,

Poskan Komentar

 
;